Notification

×

Iklan

Tag Terpopuler

Peletakan Batu Pertama Pembangunan Pabrik Minyak Makan Merah di Sekadau, Dihadiri Deputi KemenKop-UKM dan Pjs Bupati Sekadau

07/10/2024 | 13:35 WIB Last Updated 2024-10-07T06:35:05Z

 


sekadauterkini.com — Deputi Bidang Perkoperasian Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Republik Indonesia, Ahmad Zabadi, bersama Pejabat Sementara (Pjs) Bupati Sekadau, Frans Zeno, S.STP., menghadiri peletakan batu pertama pembangunan Pabrik Minyak Makan Merah (MMM) yang diinisiasi oleh Koperasi APKS Keling Kumang di Gonis Tekam, Kecamatan Sekadau Hilir, Sabtu (5/10/24). 


Dalam sambutannya, Ahmad Zabadi menyampaikan bahwa pembangunan pabrik Minyak Makan Merah ini merupakan bagian dari upaya pemerintah pusat untuk meningkatkan ketahanan pangan nasional, khususnya dalam mengantisipasi kelangkaan minyak goreng yang pernah terjadi beberapa tahun lalu. "Ini adalah instruksi langsung dari Presiden Joko Widodo. Di Kalimantan Barat, dua koperasi sudah berhasil membangun pabrik serupa, yakni di Kabupaten Sanggau dan sekarang di Sekadau," kata Ahmad.


Pembangunan ini diharapkan dapat mendukung kemandirian ekonomi lokal, khususnya bagi petani kelapa sawit, serta memberikan solusi atas kebutuhan minyak makan merah bagi masyarakat sekitar.


Kegiatan peletakan batu pertama ini turut dihadiri oleh Asisten Perekonomian dan Pembangunan Provinsi Kalimantan Barat, Kepala Koperasi Provinsi Kalimantan Barat, Staf Ahli Gubernur Bidang Pembangunan dan Ekonomi Provinsi Kalimantan Barat, Kepala Dinas Perkebunan dan Peternakan Provinsi Kalimantan Barat, jajaran Forkopimda Kabupaten Sekadau, Plt. Asisten Administrasi Umum, Kepala OPD Kabupaten Sekadau, Camat Sekadau Hilir, CEO Keling Kumang, serta para pengurus dan pengawas CU Keling Kumang, Ketua Asosiasi Petani Kelapa Sawit Keling Kumang, tokoh masyarakat, dan tamu undangan lainnya.


Pabrik Minyak Makan Merah ini diharapkan dapat menjadi tonggak penting dalam pemberdayaan ekonomi daerah, khususnya di sektor perkoperasian, dan mendorong peningkatan kesejahteraan petani lokal. (ST) 

×
Berita Terbaru Update